Tendensi

Senin, 05 Desember 2016

Memberantas lembaga rentenir, Pemerintah Kuat bersama ekonomi kerakyatan

ARRRGG.. Saya gemes banget dengan sistem kapitalis yang merajalele di kampungku,.. #eh merajalela :D
Gimana engga gemes coba... Salah satu contohnya mereka yang punya duit besar membuat lembaga rentenir lintah darat dengan berkedok Koperasi Simpan Pinjam.

Padahal Sejatinya koperasi tidak seperti itu..
Nih saya ambil dari wikipedia apa itu arti sesungguhnya dari koperasi :
"Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan".


Jadi sangat jelas kalau kopersi itu kumpulan dari beberapa usaha perorangan rakyat, sehingga menjadi sauatu usaha besar yang dijual di internal dan eksternal koperasi yang nantinya keuntungan koperasi dibagikan kembali ke anggota koperasi yang berwujud SHU (sisa hasil usaha).
Sehingga dengan koperasi ini usaha perorangan rakyat tersebut dapat tumbuh besar secara bersama sama.

Lain halnya dengan rentenir yang mengatas namakan kperasi simpan pinjam, lembaga ini milik orang perorangan dengan modal yang cukup besar, dan kemudian mengajak orang orang untuk menyimpan dananya di lembaga tersebut untuk memperbesar modal.

Usaha yang dilakukannyanya hanyalah meminjamkan uang yang terkumpul tersebut ke masyarakat sekitar dengan syarat mudah dan nggak ribet. namun dengan bunga yang cukup besar sekitar 2 s.d 3 % perbulan atau 24% sampai 36% per tahun. Gilaaaaaa. padahal bunga bank untuk KTA saja itu hanya berkisar 18% per tahunnya.. atau 1,5 % perbulan.

bedanya kalau Bank itu melihat kemampuan si peminjam.. kalau lembaga ini NGGA peduli, yang penting uang bisa muter.

Dari pengamatan saya masyarakat yang meminjam disini bukan untuk modal usaha namun untuk kebutuhan hidup karena mereka tergolong masyarakat miskin. karena ga ada filter dan pertimbangan kemampuan membayar.. jadi ya mereka tetep dapet pinjaman.

wal hasil ketika peminjam ga mampu membayar.. jadilah bunga ber-berbunga.. hutang akan semakn membengkak. dan pada akhirnya dapat menyita rumah atau tanah dari peminjam dengan nilai  bisa melebihi 2 kali dari nilai yang mereka pinjam.

Inilah kekejaman sistem bunga .. sistem RIBA... yang kaya makin kaya karena menggerogoti yang miskin dan akan semakin miskin.

AKSI DAN TINDAKAN YANG AKAN SAYA LAKUKAN

  1. Saya akan membidik usaha usaha kecil yang sudah terbentuk di RT RT. kemudiaan mentraining mereka untuk menstandarisasi kualitas barang dan mengefisiensi waktu dan tenaga saat produksi. hal tersebut untuk menjamin kualitas barang dan kuantitas suplay barang.
  2. Saya akan membuat sayembara wirausaha untuk produk Khas kabupaten mimpi ini.
  3. Saya akan undang coach bisnis yang handal untuk pendampingan usaha mereka.
  4. Saya akan datangkan ahli desain kemasan, ahli desain produk, ahli brand, ahli pengolahan pangan.
  5. Saya akan bekerjsasama dengan perusahaan packing untuk mengemas produk usaha mereka.
  6. Saya akan membentuk sebuah perusahaan yang bertugas menampung hasil usaha usaha mereka engan harga yang pantas, membranding, dan mempromosikan ke luar daerah bahkan keluar negeri. sehingga produk mereka sudah dijamin akan terserap dan terjual dengan menejemen dan marketing yang profesional.
  7. Dan saya akan mengingatkan dan mencegah agar tidak meminjam ke rentenir sang lintah darat, dan memberikan pinjaman tanpa bunga khusus untuk usaha yang insyaAlloh berhasil karena langsung dibina oleh para ahli.
Dengan itu saya berangan-angan agar :
  1. masyarakat akan semakin kuat secara ekonomi dan meninggalkan lembaga rentenir si lintah darat.
  2. Setiap masyarakat tidak perlu repot repot merantau mencari lowongan kerja diluar daerah.
  3. Setiap daerah memiliki khas produk masing masing yang akan menumbuhkan usaha pariwisata
  4. Dari perusahaan akan mendapatkan hasil usaha yang menjadi pendapatan daerah diluar APBD. yang nantinya akan digunakan untuk:
  • Menggaji guru honorer dengan layak
  • Membuat seminar seminar untuk mencerdaskan generasi muda
  • Membiayai penelitian di segala aspek
  • Dan membuat perusahaan produsen untuk memproduksi massal hasil karya penelitian.

haaahh.. itu dulu imajinasi saya tentang ekonomi kerakyatan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar